IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Duh, 32 Santri Ponpes Modern Al Ikhlash Putri Positif COVID-19

Duh, 32 Santri Ponpes Modern Al Ikhlash Putri Positif COVID-19

Ratusan santri Ponpes Modern Al Ikhlash Putri, Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, menjalani tes Swab PCR secara massal. Karena 32 santri dinyatakan positif COVID-19 dari hasil swab antigen. Foto: Andre Adryn/IJnews

KUNINGAN – Sebanyak 120 orang di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al Ikhlash Putri, Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menjalani tes Swab PCR secara massal. Ini menyusul 32 santri yang dinyatakan positif COVID-19 hasil swab antigen.

“Kami sudah ke sana (ponpes), menindaklanjuti temuan bahwa kemarin ada 32 orang yang terkonfirmasi positif antigen. Kemudian tadi juga sudah dilakukan Swab PCR kepada 120 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, dr Susi Lusiyanti, Rabu (2/6/2021).

Sebagian besar kondisi para santri dalam kondisi baik. Adapun ruangan isolasi disediakan secara terpisah, yakni bagi santri yang telah dinyatakan positif dan santri dengan kondisi bergejala COVID-19.

“Kita sudah pilah-pilah ruang isolasinya bagi yang 32 santri positif ada ruangan sendiri, yang bergejala dan mengikuti Swab PCR juga tersendiri, termasuk yang tidak bergejala juga di ruangan berbeda. Jadi mereka sudah terpisah gedungnya untuk isolasi,” paparnya.

Menurut dia, seluruh warga lingkungan pondok pesantren telah menjalani tes COVID-19. Awalnya dari 40 santri menjalani swab antigen, hasilnya ada 32 dinyatakan positif.

“Nah hari ini ada 120 orang mengikuti Swab PCR, jadi keseluruhan sudah 160 orang dilakukan tes. Kalau hasilnya dari tes swab PCR ini mudah-mudahan dalam waktu 2-3 hari ini sudah diketahui,” tambah Susi.

Dia menceritakan, gejala awalnya diketahui dari salah satu santri yang mengalami sakit. Kemudian dibawa ke dokter praktik swasta dan dilakukan pemeriksaan karena mengeluhkan kehilangan penciuman.

“Lalu dokter berkoordinasi dengan Puskesmas, besoknya ditindaklanjuti oleh Puskesmas dari keseluruhan ada 80 orang yang bergejala. Dari 80 orang itu, sebanyak 40 kita coba cek dan ternyata hasilnya ada 32 positif,” pungkas Susi. (Andre Adryn/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.