IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Ajak Konsumsi Ikan, Ono Surono Tebar 1.000 Paket Olahan Ikan ke Indramayu dan Cirebon

Ajak Konsumsi Ikan, Ono Surono Tebar 1.000 Paket Olahan Ikan ke Indramayu dan Cirebon

Anggota Komisi IV DPR, Ono Surono, membagikan 1.000 paket olahan ikan saat mengampayekan gemar makan ikan kepada warga Kabupaten Indramayu. Foto: IJnews

 

INDRAMAYU – Anggota Komisi IV DPR, Ono Surono, gencar mengampanyekan gerakan makan ikan sebagai pemenuhan protein masyarakat, sekaligus mencegah stunting.

Kampanye itu dibalut dalam kegiatan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di halaman Kantor Rumah Aspirasi Ono Surono, Perumahan Graha Sudirman Indramayu, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021).

Ono Surono yang juga Ketua Umum Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN), mengungkapkan, Indramayu memproduksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya terbesar di Jawa Barat, termasuk garamnya juga. Namun pengolahan ikan masih belum terlalu besar.

“Indramayu potensi perikanan dan kelautan terbesar di Jawa Barat, sehingga menjadi fokus kita bersama agar bisa lebih baik ke depan,” katanya.

Menurut Ono, yang merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini, program bisa membantu gizi masyarakat, mencegah stunting sehingga ini harus dilakukan dengan masif. Apalagi di Jawa Barat angka stunting cukup tinggi.

“Misalnya, ikan etong dan gombyang manyung yang merupakan makanan paling khas di Indramayu, sehingga produk perikanan mempunyai nilai yang cukup tinggi,” jelasnya.

Ono menilai, orang yang suka makan ayam biasanya suka juga dengan ikan etong. Karena tekstur dagingnya yang juga lebih tebal.

“Ada juga di wilayah pegunungan, banyak yang suka gesek petek, tapi kita tidak tahu kandungannya seperti apa. Tetapi gerakan memasyarakatkan makan Ikan juga harus dilakukan ke masyarakat luas,” pungkasnya.

Bantuan sebanyak 1.000 paket olahan ikan yang dihasilkan dari produksi usaha kecil menengah di Indramayu, seperti kerupuk ikan, baso dan nuget ikan, bandeng presto, dan olahan ikan lainnya dibagikan untuk masyarakat di Kabupaten Indramayu sebanyak 500 paket. Sedangkan 500 paket lainnya untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini sendiri dihadiri Bupati Indramayu, Nina Agustina, Direktur Logistik Ditjen PDSPKP – KKP Ines Rahmania, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Agus Sugiono, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu Edi Umaedi, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Indramayu Setyowati Anggraini Saputro, Forkopimcam Indramayu, perwakilan masyarakat nelayan, kelompok pembudidaya ikan, serta warga setempat. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.