Next Post

Begini Cara Memprediksi Keberhasilan Vaksin COVID-19 Tanpa Uji Coba Besar

covid nature

Sel yang terinfeksi partikel SARS-CoV-2 (merah; berwarna buatan). Foto: National Institutes of Health/Science Photo Library

JAKARTA – Vaksin Moderna memberikan perlindungan terhadap COVID-19 dengan memicu produksi antibodi terhadap protein virus utama. Hal itu ditunjukkan dari sebuah penelitian pada monyet.

Vaksin dapat memicu respons imun yang beragam, termasuk pembuatan molekul antibodi yang mengikat dan memblokir virus yang menular, dan aktivasi sel T yang membunuh sel terinfeksi virus. Dengan mengidentifikasi respons imun yang dapat memprediksi keberhasilan vaksin, para ilmuwan dapat lebih mudah menilai kandidat vaksin. Baca juga: Dukung Program Penanganan COVID-19, SMAN 1 Indramayu Siapkan Tempat Vaksinasi

Untuk mengidentifikasi respons imun mana yang penting untuk vaksin Moderna, Barney Graham dan Robert Seder dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS di Bethesda, Maryland, bersama rekan peneliti lainnya memberi monyet berbagai dosis vaksin dan memaparkan hewan tersebut dengan SARS-CoV-2.

Laman Nature.com menyebutkan, hewan yang divaksinasi memiliki tingkat materi genetik virus paling rendah di hidung dan paru-parunya juga memiliki tingkat antibodi tertinggi yang mengenali protein lonjakan virus, molekul yang dikodekan oleh vaksin Moderna. Tingkat penanda kekebalan lainnya tidak berkorelasi kuat dengan efek perlindungan vaksin. Namun temuan belum ditinjau sejawat.

Sebuah studi paralel yang sedang dilakukan akan membandingkan penanda kekebalan pada orang yang dilindungi oleh suntikan, termasuk Moderna, dengan penanda pada orang yang terinfeksi meskipun telah menerima vaksin. Mengidentifikasi ‘korelasi perlindungan’ ini akan membantu para peneliti untuk menilai vaksin yang ada dan yang akan datang tanpa menjalankan uji klinis skala besar nan mahal. (IJnews)