Next Post

Benarkah Jamur Tumbuh di Mars? Ini Fakta Kehidupan Alien yang Belum Terbukti

jamur lagi

Ini dia wujud elemen mirip jamur yang ditemukan di Planet Mars ketika diperbesar. Foto: NASA

HOUSTON – Studi belum lama ini meyakini para penelitinya telah menemukan bukti bentuk kehidupan seperti jamur di permukaan Planet Mars. Kebetulan, fitur-fitur khusus ini terkenal dan ditemukan oleh kamera di Mars Exploration Rover Opportunity, tak lama setelah mendarat pada tahun 2004.

Ternyata, mereka bukanlah makhluk hidup, tapi “konkresi hematit” atua potongan mineral hematit berbentuk bola kecil, dan asal tepatnya masih diperdebatkan oleh para ilmuwan. Hematit merupakan senyawa besi dan oksigen dan penting secara komersial di Bumi.

Batuan bulat di Mars mungkin diciptakan oleh akumulasi material secara bertahap di lingkungan air cair yang menguap secara perlahan. Mereka juga bisa dihasilkan oleh aktivitas vulkanik.

Bagaimanapun, “jamur” bukanlah jamur. Area di sekitar lokasi pendaratan Opportunity dikotori dengan benda-benda yang dapat dilihat di seluruh permukaan. Juga ditemukan terkubur di bawah tanah dan bahkan tertanam di dalam bebatuan.

Cacing yang Membatu
Live Science. mengungkapkan, jamur luar angkasa ini bukanlah klaim pertama dari kehidupan alien. Pada 7 Agustus 1996, Presiden AS saat itu, Bill Clinton, berdiri di halaman Gedung Putih dan mengumumkan kemungkinan bahwa para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa fosil mikro-organisme purba dalam meteorit yang telah ditemukan dari Antartika pada 1984.

Meteorit, ALH 84001, adalah salah satu dari sedikit batuan yang kita miliki dari Mars. Ini diledakkan dari permukaan planet oleh letusan gunung berapi atau dampak meteorit, melayang di angkasa mungkin selama jutaan tahun, sebelum berakhir di Bumi.

Struktur kecil yang ditemukan di dalamnya, menggunakan mikroskop yang kuat, menyerupai organisme mikroskopis mirip cacing dan kemungkinan berumur miliaran tahun. Perdebatan tentang asal mula sebenarnya dari struktur ini berlanjut hingga hari ini -banyak ilmuwan telah menunjukkan bahwa proses anorganik terkenal cukup mampu menghasilkan struktur yang menyerupai organisme hidup. Dengan kata lain, hanya karena sesuatu tampak seperti kehidupan (jamur atau lainnya), bukan berarti itu adalah kehidupan layaknya di Bumi.

Misteri Gas
Pada tahun 1970-an, robot pendarat Viking milik NASA melakukan serangkaian eksperimen yang dirancang untuk menguji keberadaan mikroorganisme di tanah Mars. Eksperimen secara kimiawi mengolah sampel kecil tanah Mars di ruang reaksi di atas kapal pendarat.

Salah satunya, nutrisi yang mengandung karbon-14 radioaktif ditambahkan ke sampel tanah. Secara teori, ini diserap oleh mikroba yang tumbuh dan berkembang biak. Karbon-14 kemudian akan semakin “dihembuskan” dari waktu ke waktu, menunjukkan peningkatan konsentrasi yang stabil di dalam ruang reaksi.

Setelah analisis kimiawi, setiap sampel tanah terus dipanaskan hingga ratusan derajat untuk menghancurkan mikroba apa pun. Tujuannya untuk melihat apakah reaksi semacam itu di tanah berhenti.

Menariknya, eksperimen khusus ini memang menunjukkan peningkatan stabil karbon-14 dari waktu ke waktu yang memang dihentikan setelah pemanasan hingga di atas titik didih air. Beberapa reaksi kimia anorganik telah diajukan sebagai penjelasan. Oleh karena itu, hasil ini tetap tidak meyakinkan dan masih diperdebatkan hingga saat ini.

Baru-baru ini, sejumlah kecil metana telah ditemukan di atmosfer Mars. Ini juga menarik karena organisme hidup di Bumi diketahui melepaskan metana. Namun, sekali lagi, harus ditekankan bahwa ini bukan bukti kehidupan yang konklusif. Metana juga dapat diproduksi melalui beberapa proses anorganik, termasuk oleh batuan yang dipanaskan.

Pada 1977, teleskop radio Big Ear di AS mendeteksi sinyal radio yang tidak biasa saat memindai langit. Sinyal hanya bertahan beberapa menit, bertenaga sangat tinggi dan terdeteksi pada rentang frekuensi yang sempit.

Faktor-faktor ini membuatnya cukup sulit untuk membayangkan penyebab alami. Karena sebagian besar sumber radio alami dapat dideteksi di berbagai frekuensi.

Sinyal pastinya belum terdeteksi lagi, meskipun survei radio sering dilakukan di bagian langit yang sama. Sinyalnya begitu luar biasa pada saat itu sehingga astronom yang bertugas, Jerry Ehman, melingkari cetakan sinyal tersebut dengan pena merah dan menulis “Wow!” di sebelahnya.

Berbagai penjelasan telah diajukan selama bertahun-tahun termasuk, baru-baru ini, bahwa sinyal itu dihasilkan oleh komet yang lewat, atau transmisi dari satelit yang mengorbit Bumi. Asal muasal Wow! sinyal masih belum sepenuhnya disepakati hari ini, dan tetap menjadi misteri yang menarik.

Tabby’s Star
Alat utama perburuan planet adalah metode peredupan -mengamati cahaya dari bintang untuk melihat apakah dia secara berkala turun secara teratur saat planet yang mengorbit lewat di depannya. Pada 2015, astronom profesional yang bekerja dengan ilmuwan dari proyek Planet Hunters mengumumkan penemuan bintang di dekatnya yang menunjukkan peredupan sangat kuat, serta konsisten dari waktu ke waktu.

Tabby’s Star dinamai astronom Tabitha Boyajian yang merupakan penulis utama makalah yang mengumumkan penemuan tersebut. Data dari Teleskop Luar Angkasa Kepler menunjukkan tidak hanya peredupan biasa, seperti yang diharapkan dari orbit planet, tetapi penurunan cahaya yang sangat tidak teratur dan, yang menarik, penurunan konsisten dalam keluaran cahaya selama beberapa tahun.

Perilaku yang sangat tidak biasa ini mendorong banyak teori untuk menjelaskan pengamatan, termasuk debu komet atau puing-puing dari benturan besar yang secara bertahap menyebar untuk menutupi permukaan bintang. Beberapa juga berspekulasi bahwa ini adalah tanda tangan spesies alien maju yang membangun struktur di sekitar bintang.

Tetapi pengamatan lebih lanjut tidak menemukan bukti yang menguatkan untuk mendukung kemungkinan ini. Misalnya, teleskop radio gagal mendeteksi emisi radio yang tidak biasa dari bintang. Saat ini, para ilmuwan di balik penemuan tersebut percaya penurunan cahaya yang tidak biasa disebabkan oleh awan debu kosmik yang melintasi permukaan bintang.

Jadi, belum ada bukti konklusif bahwa kehidupan di luar bumi ada yang ditemukan…