Next Post

Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Malaysia, Bisa Menular dari Anjing ke Manusia

anjing 2

Peneliti menemukan virus Corona baru dalam sampel usap yang diperoleh dari seorang anak Malaysia pada 2018. Varian ini ditularkan dari anjing ke manusia. Foto: Ist

KUALA LUMPUR – Para peneliti menemukan virus Corona baru yang dapat ditularkan dari anjing ke manusia. Virus tersebut bisa dikatakan sebagai varian baru.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti mendeteksi virus Corona anjing baru dalam sampel usap yang diperoleh dari seorang anak Malaysia yang didiagnosis dengan pneumonia pada 2018. “Jika virus tersebut dipastikan menyebabkan penyakit pada manusia, itu akan menjadi virus Corona manusia kedelapan yang diketahui dan yang pertama berasal dari anjing,” kata para peneliti seperti disitat laman Live Science.

Namun penelitian yang diterbitkan Kamis (20 Mei) di jurnal Clinical Infectious Diseases, tidak dapat membuktikan apakah virus Corona pada anjing menyebabkan pneumonia pada anak. Atau, apakah mikroba lain menjadi penyebabnya -anak tersebut juga ditemukan terinfeksi rhinovirus, yakni virus yang menyebabkan flu biasa pada manusia.

Dan bahkan jika virus anjing memang menyebabkan penyakit pasien ini tiga tahun lalu, tidak jelas apakah virus Corona ini, yang secara genetik mirip dengan virus Corona anjing lainnya, dapat menyebar di antara manusia.

“Seberapa umum virus (anjing) ini, dan apakah dapat ditularkan secara efisien dari anjing ke manusia atau antarmanusia, tidak ada yang tahu,” ungkap Dr Gregory Gray, seorang profesor kedokteran, kesehatan global dan kesehatan lingkungan di Duke University.

Tetapi para peneliti mengatakan temuan mereka menggarisbawahi ancaman virus Corona hewan terhadap manusia. Risiko yang semakin jelas mengingat pandemi COVID-19, yang disebabkan oleh virus Corona SARS-CoV-2.

Untuk diketahui, asal usul SARS-CoV-2 masih belum jelas, tetapi satu teori terkemuka adalah bahwa ia melompat dari kelelawar ke hewan perantara, yang belum ditentukan dan kemudian ke manusia.

“Virus Corona ini kemungkinan menyebar ke manusia dari hewan lebih sering dari yang kita ketahui. Sebagian besar tes diagnostik rumah sakit hanya mendeteksi virus Corona manusia yang diketahui,” kata Gray.

NPR melaporkan, para peneliti awalnya mulai mengembangkan tes diagnostik yang dapat mendeteksi berbagai jenis virus Corona, tidak hanya SARS-CoV-2. Untuk mengevaluasi tes, mereka menggunakannya untuk menganalisis 301 sampel yang dikumpulkan pada 2017 dan 2018 dari pasien pneumonia yang dirawat di rumah sakit di Sarawak, Malaysia.

Mereka menemukan bahwa delapan dari 301 sampel dinyatakan positif mengidap virus korona anjing baru. Temuan itu sangat mengejutkan sehingga para peneliti awalnya mengira mereka telah melakukan kesalahan.

“Saya pikir, ‘Ada yang salah.’ … Virus Corona pada anjing tidak diperkirakan ditularkan ke manusia. Ini tidak pernah dilaporkan sebelumnya,” kata rekan penulis studi, Dr Anastasia Vlasova, ahli virologi dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Negeri Ohio kepada NPR.

Jadi para peneliti menguji ulang delapan sampel menggunakan metode berbeda -mereka berusaha menumbuhkan virus di sel anjing menggunakan metode yang bekerja dengan baik untuk virus Corona anjing. Salah satu sampel tumbuh di sel anjing, dan para peneliti mampu mengisolasi virus dan mengurutkan genomnya.

Mereka mengonfirmasi bahwa virus, yang mereka juluki CCoV-HuPn-2018, adalah virus Corona anjing baru. Virus ini juga mengandung segmen materi genetik dari virus Corona kucing dan babi -sebuah fenomena yang dikenal sebagai rekombinasi yang biasa terlihat pada virus Corona anjing.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa virus ini juga menginfeksi kucing dan babi di masa lalu,” sebut The New York Times.

Menariknya, virus Corona anjing baru juga memiliki mutasi yang belum pernah terlihat pada virus Corona anjing sebelumnya. Namun mutasi serupa telah terlihat pada SARS-CoV-2 dan SARS-CoV-1, virus yang menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah atau SARS. Mutasi ini terjadi pada salah satu protein struktural virus yang dikenal sebagai protein N.

Implikasi dari mutasi ini tidak jelas. Yang jelas ada kemungkinan hal itu membantu virus Corona hewan beradaptasi untuk menginfeksi manusia.

Para peneliti berencana untuk melakukan lebih banyak penelitian untuk melihat seberapa umum infeksi virus corona pada manusia, dan apakah virus ini dapat ditemukan pada orang sehat dan juga orang sakit, lapor Times.

indramayujeh