IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Hari Kedua TdL, 102 Pesepeda Men Elite Tempuh 103 Kilometer

Hari Kedua TdL, 102 Pesepeda Men Elite Tempuh 103 Kilometer

 

KUNINGAN

Memasuki hari kedua Tour de Linggarjati Kuningan, jumlah peserta makin bertambah khususnya di kategori Individual Road Race (IRR). Ada sebanyak 310 peserta tercatat masuk pada kategori IRR di sejumlah kelas.

Beberapa kelas yang diperlombaan pada IRR ini diantaranya Men Youth 30 km 41 orang, Women Youth 30 km 20 orang, Women Junior 30 km 19 orang, Women Elite 30 km 16 orang, Master B 30 km 32 orang, Men Junior 48 km 57 orang, Master A 48 km 23 orang, dan Men Elite 103 km 102 orang. Pelepasan peserta dilakukan dalam tiga sesi yakni IRR Youth pada pukul 08.00-09.00 WIB pagi, IRR Junior pukul 09.15-11.00 WIB pagi, dan IRR Men Elite pada pukul 11.15-15.00 WIB sore.

Pada etape kali ini, Sabtu (14/9), rute yang ditempuh cukup jauh dan harus naik turun perbukitan dengan belokan tajam khususnya di wilayah Ciniru, Subang, Cilebak, dan Selajambe. Seluruh peserta mengambil garis start dan finish di kawasan pertokoan Jalan Siliwangi.

Jika kelas IRR Youth dan IRR Junior bisa menempuh jarak dengan waktu sekitar satu hingga dua jam, IRR Men Elite dapat memakan waktu hingga tiga jam lebih. Saat peserta IRR Men Elite dilepas sekira pukul 11.15 WIB lebih, tiga peserta terdepan yang lebih awal memasuki area Pendopo Kuningan sekitar pukul 14.45 WIB.

Sebelum dilepas, para juara kategori Individual Time Trial (ITT) diumumkan dan diberi hadiah. Para juara itu diantaranya Nur Aisyah Mohd Zubir (Malaysia) kelas Women Elite, Constantine fast (New Cycling Team Singapore) kelas Men Elite, dan Kee Zhe Yie (Trengganu Malaysia) kelas Men Youth.

Adapula juara dari pesepeda Indonesia yaitu Prasetyo Nur Firdaus (ISSI Papua) kelas Men Junior, May Yuliani (KJS Bike Samarinda) kelas Women Junior, dan Dewika Mulya Sofa (PPLP Jatim-ISSI Kota Malang) kelas Women Youth.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kuningan H Acep Purnama menyempatkan diri menaiki sepeda motor untuk mengawal para pesepeda saat dilepas. Ini merupakan kejadian langka, sebab pada even-even serupa sebelumnya tidak pernah dilakukan.

“Alhamdulillah event ini mendapat apresiasi Kementerian Pariwisata dan Kemenpora tak terkecuali Gubernur Jawa Barat. Semoga even ini kedepan akan semakin mendunia dengan jumlah peserta lebih banyak lagi,” kata Bupati Acep dalam keterangan persnya.

Menurutnya, even Tour de Linggarjati ini menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Semoga secara bertahap, tingkat perekonomian masyarakat dalam terus meningkat.

“Melalui kegiatan Tour de Linggarjati ini, sekaligus untuk mengenalkan potensi daerah bagi wisatawan domestik maupun internasional. Untuk Individual Road Race ini menempuh jalur Kuningan Selatan hingga menjangkau warga di Kecamatan Ciniru, Subang, dan Selajambe. Kita hadirkan hiburan dan kemeriahan Hari Jadi Kuningan hingga ke pelosok desa, salah satunya dengan balap sepeda internasional Tour de Linggarjati,” tutupnya. (Andri)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.