IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Kebijakan di Sektor Perikanan Memuaskan, SNT Arahkan Dukungan Politik kepada Jokowi

Kebijakan di Sektor Perikanan Memuaskan, SNT Arahkan Dukungan Politik kepada Jokowi

 

INDRAMAYU –

Kebijakan pemerintahan di bawah kendali Presiden Joko Widodo cukup memuaskan masyarakat nelayan di Indonesia. Itu juga yang mendasari Serikat Nelayan Tradisional (SNT) mantap mengarahkan dukungan politiknya kepada capres/cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memang bisa dikatakan menunjukkan komitmen kuatnya menyelamatkan sektor perikanan yang output-nya dirasakan secara positif oleh para nelayan, termasuk di Kabupaten Indramayu. Salah kebijakan yang menuai banyak pujian adalah menekan perambahan yang dilakukan kapal-kapal asing di lautan Indonesia lewat cara penangkapan dan penenggelaman kapal.

Dukungan SNT kepada Jokowi-Ma’ruf diwujudkan dalam bentuk deklarasi yang dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya Milad ke-19 SNT di halaman Sekretariat SNT yang berlokasi di Perumahan Nelayan, Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Kamis (24/1/2019).

“Sikap nelayan tradisional di Pilpres 2019, tetap akan mendukung dan memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, kami mengajak khususnya kepada seluruh masyarakat yang tergabung di SNT seluruh Indonesia, agar bersama-sama memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” seru Ketua Presidium SNT, Kajidin di depan sekitar 1.200 undangan yang menyambutnya dengan riuh.

Kajidin kemudian bercerita pengalaman yang membuatnya sangat terharu sekaligus mengapresiasi Jokowi saat berkunjung ke wilayah Indonesia bagian timur. Kajidin melihat Jokowi sangat memanusiakan masyarakat di sana karena disetarakan dan diperlakukan sama seperti warga Indonesia lainnya.

“Dimana saat itu mereka sebagai manusia, bapak Joko Widodo telah memanusiakan manusia, kesetaraan mereka kini disamakan dengan warga Indonesia pada umumnya, seperti yang kita tahu, dulu pada saat sebelum pemerintahan saat ini, mereka merasa kesulitan untuk mendapatkan BBM dengan harga murah. Namun saat ini sudah bisa mendapatkan harga-harga murah baik BBM maupun lainnya,” terangnya.

Dengan tegas Kajidin mengatakan, jika dirinya mengajak seluruh anggota Serikat Nelayan Tradisional di Indonesia untuk bersama-sama memenangkan capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. Sebab, kata dia, kepentingannya bukan semata untuk sektor perikanan ataupun nelayan, juga sektor lainnya seperti keseteraan hak sebagai warga negara.

“Kepentingannya adalah bukan semata-mata hanya untuk masyarakat SNT saja, tapi untuk kepentingan seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang berada di wilayah Indonesia timur, dimana pada masa pemerintahan saat ini mereka baru bisa merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya,” tegasnya.

Pengukuhan Pengurus Cabang SNT se-Indramayu
Pada kesempatan yang sama, Kajidin juga mengangkat dan mengukuhkan pengurus cabang SNT se-Indramayu. “Semakin banyaknya persoalan nelayan tradisional saat ini,” jelasnya.

“Dan, semakin banyaknya anggota yang tergabung khususnya di Indramayu, maka saya berinisiatif membentuk pengurus cabang, dimana tugas mereka sama yakni menerima aspirasi anggota dan masyarakat, sekaligus meadvokasinya,” ungkap Kajidin menambahkan.

Ketua Cabang SNT Cemara Kulon Kecamatan Losarang, Rino Tarino menjelaskan, dengan dikukuhkannya kepengurusan SNT se-Indramayu dirinya sangat berharap masyarakat nelayan semakit kompak dan terjamin hak-haknya.

“Kami sebagai cabang penghubung antar nelayan untuk menerima aspirasi anggota, dan mencari solusi kendala-kendala yang terjadi selama ini. Tidak lupa kami beserta anggota mendukung dan siap mensukseskan pemenangan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin,” pungkasnya. (Tedy)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.