IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Manfaatkan Bantaran Sungai Cimanuk untuk Ketahanan Pangan

Manfaatkan Bantaran Sungai Cimanuk untuk Ketahanan Pangan

INDRAMAYU –

Untuk mendukung program ketahanan pangan yang digulirkan Rumah Zakat dalam masa Pandemi ini, relawan inspirasi Desa Berdaya Telukagung, Indramayu bersama penerima manfaat dan masyarakat Blok Pulo RT 17 RW 06 bersama-sama menyatukan persepsi dan musyawarah dalam pemanfaatan tanah bantaran sungai cimanuk yang cukup luas.

“Apa yang bisa ditanam dalam masa pandemi, memasuki musim kemarau dan bisa dimanfaatakan untuk masyarakat sekeliling dan juga bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar,” ujar relawan inspirasi Desa Berdaya Telukagung, H Mujtahid, Senin (20/07/2020).

Pemanfaatan lahan ini semoga bisa maksimal, berhasil dan bisa menjadi percontohan untuk tanah bantaran lainnya karena tanah sisi kanan dan kiri sungai cimanuk ini punya potensi untuk perkebunan, agro bisnis dan agro wisata.

Pemilihan tempat ini merupakan usul dari beberapa tokoh masyarakat yang berharap kepada Relawan untuk pendampingan dan bantuan program dalam pemanfaatan lahan bantaran ini yang biasanya digunakan sebagai lahan pembuatan batu bata yang musiman.

“Masyarakat berharap program ini bisa bermanfaat bukan saja bagi penerima manfaat bantuan tetapi lebih luas bagi masyarakat sekitar dalam pemenuhan makan tambahan harian ditengah pandemi yang serba susah dalam pemenuhan kebutuhan hidup,” ujar M.Tartib Latif.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wartono warga lainnya.

”Alhamdulilah dan terima kasih Rumah Zakat atas amanah dari program ketahanan pangan terdampak pandemi. Semoga tanaman yang ditanam seperti pisang berbagai jenis, kangkung, kacang-kacangan dan labu bisa berkembang dan hasil panennya maksimal,” kata dia. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.