IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Pemkab Indramayu Gelar Piala Adipura Sembada

Pemkab Indramayu Gelar Piala Adipura Sembada

INDRAMAYU –
Untuk lebih membudayakan lingkungan yang bersih, sehat, teduh, indah, asri, nyaman, hijau, dan berkelanjutan di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu. Pemkab Indramayu segera melakukan penilaian Adipura Sembada (Adipura Semangat Bangun Desa) bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten Indramayu. Rencana tersebut terungkap dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Indramayu Supendi yang berlangsung di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Selasa (15/08/2017).
Menurut Supendi, penilaian Adipura Sembada ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran aktif pemerintah desa dan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup dan persampahan untuk mewujudkan wilayah desa yang bersih, sehat, teduh, indah, asri, nyaman, hijau, dan berkelanjutan. Selain itu juga sebagai penjabaran visi Indramayu Remaja serta mewujudkan keunggulan daerah sesuai misi ke-3 dari kebijakan strategi yaitu mengembangkan infrastruktur wilayah dan pengelolaan lingkungan secara selaras, lestari dan optimal.
Supendi menambahkan, untuk peserta lomba Adipura Sembada ini terdiri atas seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Indramayu yaitu 309 desa dan 8 kelurahan. Sementara untuk tahapan lomba akan diawali dengan pengisian data non fisik (daftar isian), pamantauan, dan penilaian.
“Penilaian Adipura Sembada ini merupakan ikhtiar dari Pemkab Indramayu untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, teduh, indah, asri, nyaman, hijau, dan berkelanjutan ke seluruh pelosok wilayah Indramayu yang kami harapkan ini kemudian menjadi budaya bagi masyarakat Indramayu,” tegas Supendi.
Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, melalui Kabid Tata Lingkungan, Dedi AP menjelaskan, untuk lokasi yang dijadikan sebagai titik pantau adalah perumahan/permukiman, perkantoran, sekolah, jalan, dan saluran drainase/pembuang. Sementara komponen yang dipantau yaitu area permukiman/kantor/sekolah, drainase, ruang terbuka hijau, fasilitas toilet, pemilahan sampah, kondisi badan air pada saluran, bangunan liar/PKL, dan komponen lainnya.
“Awal September akan kita lakukan penilaian ke seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Indramayu. Pada awal Oktober atau bertepatan dengan hari jadi Indramayu sudah ada pemenang sebagai desa terbaik dalam pengelolaan lingkungan dan kebersihan,” katanya.(tomi indra)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.