IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Tanggul yang Jebol di Kecamatan Losarang, Indramayu Mulai Diperbaiki

Tanggul yang Jebol di Kecamatan Losarang, Indramayu Mulai Diperbaiki

INDRAMAYU-

Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu dibantu BBWS Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis) dan BPBD Kabupaten Indramayu melakukan perbaikan tanggul jebol di wilayah Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Perbaikan tanggul diharapkan mampu menahan derasnya debit air yang melintas di sungai Cipanas Losarang Indramayu.

Plt Kepala PUPR Indramayu, Maman Kostaman, mengatakan pihaknya sudah menurunkan alat berat dan dua armada dum truk untuk perbaikan tanggul yang jebol. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi Pemkab Indramayu setelah melakukan kordinasi dengan pihak BBWS Cimancis.

“Hari ini kami sudah menurunkan alat berat dan akan memperbaiki kembali tanggul yang jebol dilokasi yang semula,” kata Maman, Minggu (28/02/2021).

Perbaikan tanggul jebol tersebut merupakan kewenangan BBWS Cimancis sebenarnya, namun pihaknya sudah melakukan langkah preventif terhadap dampak dari jebolnya tanggul yang menyebabkan kerugian masyarakat, dimana dampak dari laupan air sungai tersebut menerjang permukiman warga di Kecamatan Losarang pada Sabtu (27/02/2021).

Ia mengaku, kondisi tanggul kritis diwilayah tersebut sudah disampaikan analisis dan assesmen kepada pihak BBWS Cimancis dan Kementerian PUPR RI agar segera dilakukan langkah tindak lanjut. Dari hasil kordinasi tersebut, ia mengaku sudah mendapat jawaban bahwa akan dilakukan peninjauan lapangan dari tim Kementerian PUPR RI.

“Rencananya minggu depan Tim dari Kementerian PUPR akan turun, karena perbaikan tanggul kritis tersebut terbentur pada mekanisme penganggaran dan masalah perbaikan sungai Cipanas wilayah kewenangan Kementarian PUPR,” tuturnya.

Sementara itu, luapan air yang menerjang pemukiman warga di Kecamatan Losara ng akibat tanggul jebol, kini sudah surut.

“Alhamdulilah kondisi banjir di permukiman warga kini sudah surut,” kata Plt Sekretaris BPBD Indramayu, Caya. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.