Next Post
banner april

Antisipasi Banjir, Lurah Bojongsari Monitoring Debit Air Cimanuk

IMG-20220420-WA0018

 

 INDRAMAYU 

Dalam upaya mengantisipasi terjadinya banjir akibat meluapnya sungai Cimanuk yang melintasi wilayahnya, Lurah Bojongsari Raden Wendy Surjando melakukan monitoring kondisi Sungai Cimanuk di Blok Bungkul Timur RW.03 Kelurahan Bojongsari pada Rabu, 20/4/2022.

Meningkatnya debit air Sungai Cimanuk yang sangat dipengaruhi oleh Bendung Rentang ini memang terkadang menimbulkan banjir akibat luapan air yang tidak dapat ditampung aliran sungai. Tercatat debit air di Bendung Rentang mengalami kenaikan sejak Selasa 19/4/2022 hingga pukul 03.00 Rabu 20/4/2022 dini hari. Hal ini dikarenakan terjadinya hujan lebat di daerah hulu sungai Cimanuk seperti Kabupaten Garut, Sumedang, Majalengka, dan sebagian Bandung wilayah timur.

Dengan dipantau langsung oleh Camat Indramayu Indra Mulyana, Lurah Wendi melakukan monitoring sekaligus membersihkan sampah yang tersangkut pada bendungan sungai Cimanuk yang berada di Blok Bungkul Timur. Upaya ini dilakukan untuk membersihkan sampah agar aliran air di sungai Cimanuk dapat lancar menuju ke laut.

“Kita bersama Pak Camat, Kasi Trantib dan masyarakat Kelurahan Bojongsari melakukan monitoring dan pembersihan sampah agar tidak terjadi banjir’, ujar Wendi yang akrab disapa Aweng ini.

Wendi berharap semoga debit air di Bendung Rentang tidak terus mengalami kenaikan yang akan berdampak pada meningkatnya debit air sungai Cimanuk. Dikhawatirkan apabila debit air terus naik, akan menimbulkan banjir di wilayahnya. 

“Saya berharap semoga tidak terus terjadi hujan di daerah hulu sehingga debit air di bendung Rentang tidak terus naik dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News