Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

Besok, Kuwu Terpilih Bakal Dilantik Secara Virtual

pilkuwu

INDRAMAYU-

Kuwu atau (Kepala Desa) terpilih hasil pemilihan kuwu (Pilwu) Serentak yang dilaksanakan pada 2 Juni yang lalu dipastikan bakal dilantik Senin depan.

Kepastian pelantikan ini dikemukakan Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Sugeng Heryanto saat memimpin rapat teknis pelantikan kuwu bersama Asisten Pemerintahan Jajang Sudrajat dan Camat se-Indramayu yang berlangsung secara virtual di ruang Indramayu Command Centre (ICC), Jumat (12/08/21).

Sugeng mengatakan, setelah mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sesuai dengan rencana, calon kuwu (Cawu) terpilih akan dilantuk pada Senin tanggal 16 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB yang akan dilakukan secara virtual dimana Cawu akan berada di masing-masing kecamatan.

Lebih lanjut Sugeng merinci, pada saat pelantikan nanti, 6 Cawu yang mewakili 6 eks kawedanaan ini akan berada di Pendopo untuk dilantik dan diambil sumpahnya secara langsung oleh Bupati Indramayu. Nantinya, tambah Sugeng, Cawu di kecamatan akan mengikuti acara pelantikan dari Pendopo.

“Ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah pelantikan calon kuwu dilakukan secara virtual,” katanya.

Sugeng menegaskan, dalam pelantikan secara virtual itu, para Cawu hanya datang sendirian, tidak boleh membawa pendukungnya, bahkan tidak boleh membawa pasangannya.

“Calon kuwu yang akan dilantik dilarang membawa pendukungnya karena dapat menimbulkan kerumunan,” katanya

Sementara itu Asisten Pemerintahan Jajang Sudrajat mengatakan, selain karena petunjuk dari Kemendagri, dilakukannya pelantikan kuwu secara virtual, juga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk menghindari kerumunan, kita melakukannya secara virtual,” tandasnya.

Jajang mengatakan, saat ini  PPKM di Kabupaten Indranayu berada di level 3. Untuk itu ketika sampai di desa pasca pelantikan, para cawu tidak boleh melakukan perayaan atas pelantikannya yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan.

“Kita taat pada protokol kesehatan. Calon kuwu yang setelah dilantik melakukan perayaan yang dapat menimbulkan kerumunan, langsung kita tegur,” katanya.

Terkait dengan petikan surat keputusan (SK) untuk calon kuwu yang dilantik, nantinya para calon kuwu akan mendapat petikan SK secara langsung saat itu sesudah pelantikan secara zoom meeting/virtual selesai.

“Sesuai dengan arahan Pak Sekda, SK penetapan kuwu akan diantarkan ke masing-masing kecamatan pada hari itu juga. Pak Sekda sudah menginstruksikan eselon 2 untuk mengantarkan SK tersebut, sambil memonitoring pelaksanaan pelantikan kuwu secara virtual ini,” pungkasnya. (IJnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News