Next Post
bjb digi 22

Kemenpora Siapkan Atlet Muda Potensial dari Tingkat Desa lewat Gala Desa

03092019-Gala Desa Andri Kuningan (1)

 

KUNINGAN –

Wilayah timur Jawa Barat selama ini dikenal kerap menghasilkan atlet andal terutama di cabang olahraga atletik, tak terkecuali Kabupaten Kuningan. Karenanya Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI kembali mengadakan Kick Off Nasional Gala Desa Tahun 2019.

Kabupaten Kuningan menjadi tuan rumah pembukaan Gala Desa 2019, yang dipusatkan di Stadion Masud Wisnusaputra Kuningan, Selasa (3/9). Ada enam cabang olahraga unggulan yang dipertandingkan Kemenpora RI yaitu bola voli, sepakbola, tenis meja, sepak takraw, atletik, dan bulu tangkis.

Selain dihadiri langsung Bupati Kuningan Acep Purnama, pembukaan dihadiri pula perwakilan 25 kabupaten/kota sewilayah Indonesia yang berkesempatan sama untuk mengadakan kegiatan serupa di wilayahnya.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Dr Raden Isnanta MPd menuturkan, Gala Desa telah dimulai sejak tahun 2017 dan menjadi bagian dari kampanye Gerakan Nasional Ayo Olahraga. Gala Desa menjadi program unggulan yang disiapkan Kemenpora, untuk mencari calon-calon atlet potensial dari setiap desa.

“Kuningan ini banyak menghasilkan atlet nasional, kepedulian bupati dan jajaran juga luar biasa, waktu itu menyanggupi dan siap menjadi tuan rumah kick off. Memang yang punya kesanggupan banyak, tapi setelah ditelaah memang Kabupaten Kuningan ini lebih siap,” tandasnya.

Disisi lain, Ia menilai, kesiapan itu terlihat dari jumlah kepesertaan yang diikuti oleh 32 kecamatan sewilayah Kuningan. Sehingga tidak hanya dalam penyelenggaraan saja, melainkan ada komitmen dari semua peserta untuk ikut berpartisipasi.

“Ini sudah dibuktikan, ternyata semua kecamatan hadir, bahkan Pak Camat juga ada mengawal anak-anak didik atletnya. Tidak ada prestasi tanpa partisipasi, prestasi akan lahir dari partisipasi besar baik dari masyarakat desa, keluarga, orang tua, dan semua pihak sehingga melahirkan pondasi penting bagi masa olahraga Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disporapar Kuningan, Jaka Chaerul menyampaikan, khusus di Kuningan dari enam cabor yang dipertandingkan Kemenpora RI, hanya lima cabor yang diadakan di Kuningan. Kelima cabor itu diantaranya atletik, sepakbola, tenis meja, bulu tangkis, dan bola voli.

“Cabor atletik diadakan di Stadion Masud Wisnusaputra, bulu tangkis di GOR SMAN 1 Kuningan, tenis meja di Gelanggang Pemuda Kuningan. Sementara cabor bola voli dan sepakbola di lapangan Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya,” sebutnya.

Dia menegaskan, bahwa para peserta merupakan atlet yang berasal dari perwakilan setiap desa di masing-masing kecamatan. Cabor atletik kategori usia 12-15 tahun, tenis meja kategori usia kadet, bulu tangkis kategori usia 17 tahun, sepakbola kategori usia 17 tahun, dan bola voli kategori usia 12 tahun. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News