Next Post
bjb Meriah_HUT RI BI Fast_Specs for Standard BANNER_728x90

KMIPN 2022: Mahasiswa Polindra Juara Hackathon, Gelar Best Spirit Cipta Inovasi Juga Ikut Diraih

IMG-20220806-WA0065

 

INDRAMAYU 

Mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional dalam Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2022 yang diselenggarakan Politeknik Negeri Batam, 2-3 Agustus 2022.

Dalam ajang tersebut, mahasiswa Polindra berhasil keluar menjadi juara pada kategori hackathon.

Selain itu, Polindra juga mendapatkan penghargaan Best Spirit pada kategori Cipta Inovasi di Bidang TIK.

Tim Fillbottle Muhamad Abdan (22) mengaku sangat senang dapat menjuarai kategori hackathon dalam ajang tersebut bersama dua rekannya yang lain, Yoga Rizki Pratama dan Maulana Ilham Ginanjar.

Gelar juara tersebut menurut dia sebagai angin segar di sela-sela kegiatannya menyusun skripsi agar bisa lulus.

“Alhamdulillah di hackathon ini, Polindra menjadi juara bertahan, tahun sebelumnya juga kami juara,” ujar dia, Sabtu (6/8/2022).

Muhamad Abdan sendiri juga menjadi bagian Tim Sahwahita pada kategori Cipta Inovasi di Bidang TIK. Dalam tim tersebut ia bekerja sama dengan Triana Dyah Pangestuti, dan Yoga Rizki Pratama.

Walau belum mendapat gelar juara, tim dari Polindra tersebut mendapat penghargaan Best Spirit.

Muhamad Abdan menceritakan, secara umum, di dua kategori itu, ia dan tim menciptakan sebuah aplikasi mager desa.

Di aplikasi tersebut, mereka menciptakan sebuah ruang sosialisasi yang menghubungkan antara masyarakat dan pemerintah desa.

Dalam aplikasi itu juga terdapat marketplace yang menjual berbagai produk UMKM, termasuk berbagai event serta pemberitaan yang mencakup desa tersebut.

Aplikasi itu mereka ciptakan berdasarkan keresahan yang para mahasiswa temukan di sejumlah desa di Kabupaten Indramayu.

“Jadi di aplikasi ini masyarakat bisa saling bersosialisasi seperti di facebook atau telegram, di sini juga ada marketplace seperti bukalapak, dan lain-lain. Semua lengkap ada di aplikasi tersebut,” ujar dia.

Sementara itu, Fachrul Pralienka Bani Muhamad yang merupakan salah satu dosen pembimbing dalam ajang KMIPN mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan para mahasiswa yang dibimbingnya.

Mahasiswa Polindra bahkan mampu bersaing dan mengalahkan ratusan mahasiswa lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Terlebih dalam mengikuti ajang KMIPN 2022, para mahasiswa sendiri lah yang sangat berantusias mendaftar ke pihak kampus.

Secara keseluruhan, Polindra mengirim sebanyak 6 tim dalam kompetisi tersebut, meliputi kategori hackathon, cipta inovasi di bidang TIK, pengembangan aplikasi permainan, e-goverment, dan lomba animasi.

“Alhamdulillah kita setiap tahun selalu mengirimkan tim untuk ikut KMIPN dan alhamdulillah selalu ada kategori yang bisa kita menangkan,” ujar dia.****

Caption: Mahasiswa Polindra saat mendapat juara 1 Hackathon dalam Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2022 yang diselenggarakan Politeknik Negeri Batam, 2-3 Agustus 2022.

(Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News