Next Post
bjb digi 22

Mata Ilang Band, Keterbatasan Bukan Halangan untuk Berkarya

26082019-Mata Ilang Band Kuningan (3)

 

KUNINGAN –

Walaupun memiliki keterbatasan dari segi fisik, grup band Mata Ilang tak merasa minder untuk terus berkarya khususnya dalam seni musik. Mata Ilang Band berdiri pada 8 Januari 2009, dengan kondisi seluruh personel merupakan penyandang difabel tuna netra.

Band ini digagas Elon Carlan MPd yang kini menjabat sebagai Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan. Kondisi fisik Elon juga tak jauh berbeda dengan keterbatasan para personel Mata Ilang Band.

Mata Ilang sendiri mengandung makna filosifis yakni tidak memiliki penghilatan. Oleh sebab itulah diberi nama group band Mata Ilang karena semua personel tidak bisa melihat.

Demi terus berkarya, Grup Mata Ilang Band kembali tampil pada sebuah acara live melalui RRI Net. Band Mata Ilang mendapatkan penghargaan untuk tampil bermain musik secara live, yang disiarkan secara nasional.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Grup Band dibawah binaan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Elon Carlan. Mereka tampil memukau dalam program RRI yang disaksikan langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama didampingi Wakil Ketua TP PKK, Yuana Ridho Suganda.

Ketua TP PKK Kuningan, Ika Acep Purnama menuturkan, penampilan Mata Ilang Band disambut antusias para pendengar dan penonton yang hadir langsung maupun melalui siaran live. Terbukti dengan banyaknya komentar dan request melalui sambungan telepon, agar bisa berkomunikasi dengan para personel band maupun dengan Ketua Tim Penggerak PKK.

“Saya sangat apresiasi dengan keterbatasan yang dimiliki, namun mampu berkarya dalam dunia musik. Ini kebanggaan bagi kita semua, khususnya warga masyarakat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya, Senin (26/8/2019).

Pihaknya juga memberikan penghargaan terhadap RRI yang telah memberikan kepercayaan kepada Grup Band Mata Ilang untuk mengisi salah satu program RRI. Ia meyakini, Grup Band Mata Ilang mampu memberikan yang terbaik sebab sudah kerap kali tampil di tingkat provinsi maupun nasional.

“Saya hanya bisa memberikan support kepada seluruh anggota Grup Band Mata Ilang untuk terus berkarya walaupun berada dalam keterbatasan. Ini merupakan bukti kuasa Allah SWT, bahwa didalam kekurangan ada kelebihan yang luar biasa,” jelasnya.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Elon Carlan MPd menyampaikan, untuk pertama kalinya pada Agustus 2009 Mata Ilang Band mengikuti festifal band tingkat nasional di Kota Malang Jawa Timur. Pada event itu, Mata Ilang Band berhasil menjadi Juara 2 tingkat nasional, dan Julia dinobatkan sebagai the best drumer.

“Kemudian pada Tahun 2010 Carly ST 12 menjadikan Mata Ilang Band sebagai band asuhannya. Sehingga acap kali diajak pentas pada even-even tertentu di Jakarta sampai tampil di SCTV dalam acara carly mencari angel,” bebernya.

Dia menceritakan, melalui proses itulah Mata Ilang Band semakin popular. Sehingga selalu menerima undangan untuk tampil pada acara kenegaraan disejumlah kementerian, pemerintah provinsi dan tempat–tempat lain.

“Pada Tahun 2014, Mata Ilang mendapat kehormatan tampil di depan Presiden RI Pak Susilo Bambang Yudhoyono pada saat kunjungan ke Kabupaten Kuningan. Lalu pada tahun yang sama tampil bersama Joko Widodo pada saat deklarasi menjadi calon presiden bertempat di pasicif les Jakarta,” tutupnya. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News