Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

Mudahkan Akses Mutasi Siswa, Disdik Indramayu Luncurkan E-MUT Online

IMG-20210614-WA0078

 

INDRAMAYU –

Sebagai upaya meningkatan kualitas pelayanan daerah dalam program Indramayu Bermartabat, Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu meluncurkan inovasi digital yakni sistem rekomendasi mutasi peserta didik secara online jenjang SD.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu H. Malik Ibrahim, S,Pd mengatakan, program yang dibuatnya ini untuk memudahkan layanan mutasi peserta didik dengan sistem Online yang maksud dan tujuannya dalah untuk memenuhi salah satu kurikulum pelatihan kepemimpinan administrator dan untuk mengaplikasi teori yang didapat selama mengikuti pendidikan dan pelatihan.

“Dasar pembuatan aplikasi ini adalah, mengefisienkan banyaknya dokumen, serta memutus jarak akses layanan. Seluruh orang tua murid dapat mengakses dimanapun dengan tempat yang tersedia, kapan pun serta dapat mempercepat layanan kedinasan guna melakukan pengurusan perpindahan siswa,” jelasnya.

Dipaparkannya, banyak alasan mengapa Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu membuat sistem rekomendasi mutasi peserta didik secara online, dikarenakan banyaknya keluhan dari pendidik juga masyarakat tentang susah dan lamanya dalam pembuatan rekomendasi perpindahan peserta didik.

Selain itu juga, melalui system rekomendasi mutasi peserta didik secara online bidang pembinaan SD ini lebih mengefektifkan pelayanan bagi peserta didik dan masyarakat.

Malik juga menegaskan, ada tiga tujuan dalam peluncuran apliksi secara online ini diantaranya tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Adapun tujuan jangka pendek yakni untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Tujuan jangka menengah yakni dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan dalam pembuatan rekomendasi mutasi peserta didik, serta tujuan jangka panjangnya adalah membuat inovasi perubahan berbasis online yang berkaitan dengan pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

Masih kata Malik Ibrahim, manfaat yang dapat dirasakan dari pelaksanaan proyek perubahan peluncuran aplikasi mutasi peserta didik ini adalah bagi organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu yang tentunya guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kab.Indramayu dalam meningkatkan pendidikan.

Manfaat lainnya yakni mempermudah bagi stakeholder dalam pemberian informasi rekomendasi mutasi peserta didik, juga manfaat bagi masyarakat guna mempermudah serta mempercepat pelayanan dalam pembuatan mutasi peserta didik.

“Sistem aplikasi ini menghemat biaya dan waktu. Tidak perlu datang langsung ke Dinas Pendidikan Kab. Indramayu, tidak perlu antri dan tidak berbelit-belit. Semua brosur serta dokumen dapat diproses secara online,”ujarnya.

Terpisah Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu H. Caridin mengatakan, dirinya berharap melalui program inovasi ini, mampu menambah dan memaksimalkan layanan bagi masyarakat daerah khususnya peserta didik.

“Besar harapan kami, kedepannya akan banyak inovasi layanan yang dibuat demi memberikan pelayanan pendidikan prima serta ramah bagi masyarakat yang tentunya sesuai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Indramayu,” katanya. (IJnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News