IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Permudah Layanan Perkara Kependudukan, LBH Dharma Ayu Kerjasama dengan PN Indramayu

Permudah Layanan Perkara Kependudukan, LBH Dharma Ayu Kerjasama dengan PN Indramayu

INDRAMAYU –

Pengadilan Negeri Kabupaten Indramayu melakukan kerjasama dengan lembaga bantuan hukum (LBH) untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Pada Jumat (11/06/2021), LBH Dharma Ayu menjalin kerjasama dengan PN Indramayu terkait permohonan perkara kependudukan.

Ketua LBH Dharma Ayu, Robun Syah, SH mengatakan kerjasama yang dilakukan dengan PN Indramayu ini dikuatkan dengan memorandum of understanding (Mou).

“Mou dengan PN Indramayu diharapkan semakin mempermudah masyarakat yang akan melakukan upaya permohonan di bidang administrasi kependudukan,” kata dia.

Kerjasama ini diantaranya adalah mempermudah sistem persidangan melalui metode teleconference.

Selain itu, masyarakat yang akan melakukan permohonan perkara bisa melalui melalui aplikasi E-Court dan E-litigasi.

Dengan sistem baru terkait dengan persidangan secara elektronik ini, bisa lebih memudahkan masyarakat. Apalagi dalam prosesnya mulai dari pertukaran dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan), pembuktian, pengucapan putusan, pengiriman putusan kepada para pihak dilakukan secara digital.

“Perkara kependudukan bisa dilakukan dengan cara mudah dan cepat melalui teknologi telefonference dengan majelis hakim dan pemohon,” kata dia.

LBH Dharma Ayu juga akan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Ketua PN Indramayu, Indrawan,S.H, M.H mengatakan sidang elektronik yang akan dilakukan melalui sidang elektronik merupakan Inovasi PN Indramayu dalam pelayanan hukum kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“Sidang yang efektif dan efisien, itu akan membantu masyarakat. Istilahnya, One day one sidang one finis. Semua selesai dalam waktu cepat,” kata dia.

Hal itu sesuai dengan semangat PN Indramayu dalam upaya menjadikan institusi PN Indramayu sebagai zona WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

“PN Indramayu menjadi Pengadilan terbuka dan mampu melayani pencari keadilan dengan cepat dan mudah dan transparan,” kata dia. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.