Next Post
bjb okt 2

Polresta Cirebon Siapkan Ribuan Personel untuk Amankan Pilkades Serentak

Pengamanan Kumparan

CIREBON – Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bakal menggelar pemilihan kuwu atau kepala desa (Pilkades) serentak pada November nanti. Ribuan personel gabungan pun dilibatkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan personel gabungan yang dilibatkan itu berasal dari Satpol PP, Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Linmas dan lainnya. “Totalnya sebanyak 4.143 personel. Mereka mengamankan setiap tahapan pelaksanaan,” kata Arif, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut, Arif menyebutkan dari 4.143 personel gabungan itu, sebanyak 1.561 berasal kepolisian. Sedangkan, sebanyak 2.582 merupakan personel dari TNI, Satpol PP, Linmas, pemerintah kecamatan, dan lainnya.

“Pelaksanaannya digelar di 135 desa. Sebanyak 112 desa yang masuk wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan, 23 desa masuk wilayah Polres Cirebon Kota,” kata Arif.

Selain mengamankan pelaksanaan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Arif mengatakan pihaknya saat ini gencar melaksanakan vaksinasi massal ke desa-desa.

“Kita vaksinasi di desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades. Ini sebagai terobosan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19,” kata Arif.

Ia berharap vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok di desa yang akan melaksanakan Pilkades telah terbentuk. Sehingga, gelaran Pilkades Serentak 2021 tidak berimbas pada peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Cirebon.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni mengatakan pihaknya memprioritaskan vaksinasi di 135 desa yang bakal menggelar Pilkades. Eni mengatakan Bupati Cirebon telah menerbitkan surat edaran terkait prioritas pelaksanaan vaksinasi desa yang bakal menggelar Pilkades.

“Ada 838 ribu sasaran vaksin untuk desa yang menggelar PIlkades,” kata Eni.

Eni mengatakan saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon untuk dosis pertama baru 22 persen atau sebanyak 409.087 jiwa dari yang ditargetkan. Pemkab Cirebon menargetkan 1,7 juta jiwa divaksin.(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News