IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Masyarakat Masih Abai Terapkan Prokes, BPBD Jabar Masif Sosialisasikan Perubahan Perilaku

Masyarakat Masih Abai Terapkan Prokes, BPBD Jabar Masif Sosialisasikan Perubahan Perilaku

 

INDRAMAYU –

Masih banyaknya masyarakat yang abai menerapkan protocol kesehatan (prokes) COVID-19 saat keluar rumah/ditempat umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajak Pemkab Indramayu untuk mensosialisasikan secara masif perubahan perilaku penanganan COVID-19 dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) kepada masyarakat.

Harapannya masyarakat bisa menerapkan prokes yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni 3M seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Untuk mendukung sosialisasi itu, Satgas COVID-19 BNPB pusat mengeluarkan pedoman bagaiman merubah perilaku masyarakat dari mulai institusi, masyarakat, keluarga dan individu,” kata Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Pemprov Jabar, Edy Heryadi usai sosialisasi di Aula BPBD Kabupaten Indramayu, Jumat (18/12/2020).

Menurutnya, sosialisasi itu penting disampaikan kepada masyarakat agar mereka (masyarakat) memperhatikan prokes terutama 3M.

“Sosialiasasi perubahan perilaku penanganan COVID-19 dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) harus terus disampaikan secara masif oleh pihak satgas kabupaten, kecamatan, bahkan tingkat desa hingga satgas COVID-19 di tingkat RT. Sosialisasi ini dilaksanakan menyeluruh di kabupaten/kota di Jabar,” kata dia.

Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi menyambut positif adanya sosialisasi tersebut. Hal itu untuk mengingatkan masyarakat agar tidak mengabaikan prokes.

Menurutnya, pihak BPBD selalu mengawal penerapkan prokes sejak awal pandemic. Saat itu tim COVID-19 kabupaten disebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu hingga berubah nama menjadi satgas COVID-19.

“Satgas COVID-19 itu selain untuk memutus mata rantai juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata mantan Kasat Pol PP dan Damkar ini seraya menambahkan sosialisasi ini menggugah pihaknya uuntuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya prokes.

Pada kesempatan tersebut, BPBD Jabar secara simbolis menyerahkan bantuan masker, handsanitizer dan lainnya. Usai menyerahkan bantuan BPBD Jabar langsung memonitor perilaku masyarakat Indramayu di Pasar Daerah Indramayu.

Pada kesempatan tersebut, tim BPBD Jabar, BPBD Indramayu, unsur TNI/Polri mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prokes COVID-19 dan membagikan masker. (Safaro/IJnews)

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.