IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Ada 10 Fakta Unik di Pilwu Indramayu, Dicek Yuk!

Ada 10 Fakta Unik di Pilwu Indramayu, Dicek Yuk!

Ada 10 fakta unik dalam gelaran Pilkades Serentak Indramayu 2021. Salah satunya, ada calon kuwu hanya mendapatkan 3 suara. Foto: IJnews

 

INDRAMAYU – Pemilihan Kepala Desa atau Kuwu Serentak (Pilkades Serentak) Kabupaten Indramayu telah digelar pada Rabu (2/6/2021). Sebanyak 170 desa dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu mengikuti gelaran pilkades atau pilwu.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, sebanyak 611 calon kepala desa menjadi kandidat dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu tahun 2021.

Awalnya, ada 171 desa yang mengikuti. Namun satu desa yakni Desa Majasih Kecamatan Sliyeg diundur lantaran baru mempunyai calon tunggal. Dari pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu tahun 2021 tersebut, terdapat beberapa fakta unik yang ditemukan. 

1. Desa Majasih, Kecamatan Sliyeg harus menunda penyoblosan, akibat hanya ada satu calon saja alias calon tunggal. Awalnya ada dua pendaftar yang merupakan suami-istri. Namun, sang suami terjegal lantaran masih berstatus sebagai PNS.

2. Karsim, calon Kepala Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra, memperoleh suara terkecil dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu 2021, yakni hanya 3 suara.

3. Durma, calon Kepala Desa Kapringan Kecamatan Krangkeng, memperoleh suara terbanyak dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu 2021, yakni mencapai 5.229 suara.

4. Sebanyak 107 calon dari 170 calon kepala desa Incumbent maju kembali, dan hanya 41 calon saja yang terpilih kembali (2 dari PAW).

5. Dari 170 calon kepala desa yang terpilih, terdiri dari 12 perempuan dan 158 laki-laki.

6. Sebanyak 5 calon kepala desa berhasil memenangkan pilwu dalam 3 kali masa jabatan, yaitu Tarkani AZ dari Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang, Masroni dari Desa Kalensari Kecamatan Widasari, Mustofa Said dari Desa Pagirikan Kecamatan Pasekan, Edi Suhedi dari Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur, dan Akifudin dari Desa Mundu Kecamatan Karangampel.

7. Desa Manguntara Kecamatan Kertasemaya merupakan desa yang memperoleh jumlah suara hak pilih terkecil dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu 2021, yakni sebanyak 372 suara. 

8. Desa Temiyang, Kecamatan Kroya merupakan desa yang memperoleh jumlah suara hak pilih terbesar dalam Pilkades Serentak Kabupaten Indramayu 2021, yakni sebanyak 9.349 suara.

9. Saidi, incumbent Desa Kaplongan Kecamatan, Kedokanbunder mencalonkan diri kembali di Desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel, dan menjadi Calon Kepala Desa terpilih. Sedangkan Tabroni, Incumbent Desa Kaplongan Lor malah mencalonkan diri di Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel, tetapi gagal terpilih.

10. Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg mempunyai dua calon kepala desa yang merupakan anak dan ibu, yakni Lely Uliyah sebagai sang ibu dengan nomor urut 01, dan Clara Bening Gilang Pratiwi sebagai anak dengan nomor urut 02. Pilkades Serentak di desa tersebut dimenangkan oleh sang ibu. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.