Next Post
WhatsApp Image 2022-09-03 at 12.54.07 (1)

Api Berhasil Padam, Penyaluran BBM dari Integrated Terminal Balongan Kembali Normal

WhatsApp Image 2022-09-08 at 09.41.20

INDRAMAYU, – Pertamina menanggulangi insiden yang sempat terjadi pada pv valve area tangki yang terdapat di Integrated Terminal Balongan. Penyebab kebakaran masih dalam investigasi.

Upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan Fire Truck dan Sarfas pemadaman yang tersedia di IT Balongan pada pv valve yang terbakar, sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran.

“Api padam pada pukul 01.03 WIB dan dilanjuti dengan pendinginan pada tangki terdekat,” ujar Eko Kristiawan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat saat dikonfirmasi Kamis (08/9/2022).

Eko menjelaskan, tidak ada korban atas insiden tersebut. Pada pagi ini kondisi aman terkendali dan operasional penyaluran BBM di IT Balongan berjalan normal. Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan BBM masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan.

Kilang Pertamina RU VI Balongan yang berada di Kabupaten Indramayu beroperasi normal dan aman. Aktivitas pengolahan minyak mentah menjadi produk BBM maupun Non BBM bejalan lancar guna memenuhi kebutuhan energi dalam negeri khususnya untuk menyokong kebutuhan Ibu Kota dan Provinsi Jawa Barat.

Insiden yang terjadi pada salah satu fasilitas Pertamina di Balongan pada Rabu malam (7/9) sendiri bukan terjadi di Kilang Pertamina RU VI Balongan, melainkan pada fasilitas milik Integrated Interminal Balongan (IT Balongan) di bawah PT Pertamina Patra Niaga .

“Kilang RU VI saat ini kondisinya aman, beroperasi normal tanpa kendala, stok BBM juga aman untuk kebutuhan masyarakat,” ungkap Area Manager Communication, Relation and CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan Imam Rismanto.

Imam menjelaskan, insiden yang terjadi pada Tangki T.107 milik Integrated Terminal Balongan tersebut tidak berdampak terhadap operasional Kilang Pertamina RU VI Balongan. Namun demikian, kata Imam, Tim pemadam Pertamina RU VI juga turut diturunkan untuk membantu penanganan insiden yang terjadi di Integrated Terminal Balongan.

“Tadi malam kami (RU VI) juga turut menurunkan bantuan untuk penanganan IT Balongan, ada 1 unit mobil pemadam beserta 9 personel yang kami turunkan,” jelas Imam. (IJnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News