Next Post
bjb okt 2

Camat Lemahwungkuk Lestarikan Musik Tradisional Angklung dengan Kursus Gratis

IMG-20190808-Camat Lemahwunguk Cirebon Juan

CIREBON

Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon akan membuka kursus atau pelatihan angklung. Warga dapat mengikuti kursus musik tradisional itu dengan gratis, siapapun yang berminat dapat bergabung.

Pelatihan akan diadakan setiap Senin dan Kamis pukul 13.00 Wib sampai dengan selesai di pendopo depan kantor Kecamatan Lemahwungkuk. Secara teknis, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari delapan orang.

Camat Lemahwungkuk Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa mengatakan, ide membuat pelatihan angklung berasal dari kondisi pendopo yang belum dimanfaatkan secara maskimal. Karena, selama ini hanya digunakan untuk pengajian, itupun satu minggu satu kali dan beberapa pertemuan warga yang tidak rutin.

“Pengajian setiap Selasa, hari lainnya kosong. Jadi pendopo yang ada di depan itu kita manfaatkan untuk latihan angklung untuk warga,” katanya, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, angklung merupakan kesenian daerah yang mudah dimainkan namun peminatnya sangat minim, terlebih di kalangan anak muda. “Melalui pelatihan ini kita sampaikan bahwa main angklung itu mudah,” imbuhnya.

Ia menyatakan, jika pelatihan angklung ini berjalan baik dan sesuai harapan, maka kelompok angklung akan ditampilkan dalam agenda kegiatan Pemerintah Kota Cirebon.

“Pemkot Cirebon punya banyak agenda, seperti 17 Agustusan, pagelaran seni, HUT Kota, dan lain-lain. Nanti, yang mengisi acara dari angklung kita,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat berminat mengikuti pelatihan angklung karena selain untuk sarana komunikasi dan silaturahmi antar warga Kecamatan Lemahwungkuk, latihan angklung merupakan salah satu upaya untuk melestarikan musik tradisional.

“Beberapa warga sudah menanyakan dan berminat. Semoga semua berjalan lancar dan kesenian daerah dapat hidup kembali,” pungkasnya. (Juan)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News