IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Luncurkan Drive Thru Samsat Haurgeulis, Bupati Indramayu Manjakan Pembayar Pajak

Luncurkan Drive Thru Samsat Haurgeulis, Bupati Indramayu Manjakan Pembayar Pajak

Bupati Indramayu, Nina Agustina, saat meresmikan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Drive Thru, di Kantor Kecamatan Haurgeulis Indramayu, Senin (7/6/2021). Foto: Ist

 

INDRAMAYU – Sebagai bentuk kedekatan pelayanan publik dan mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor terhadap masyarakat, Bupati Indramayu, Nina Agustina meluncurkan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Drive Thru, di Kantor Kecamatan Haurgeulis Indramayu, Senin (7/6/2021).

Nina Agustina dalam sambutannya, mengatakan, pelayanan Samsat Drive Thru di Samsat Haurgeulis menjadi salah satu upaya penyelenggaraan pelayanan publik dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Samsat Drive Thru mempunyai banyak kelebihan bagi masyarakat, mulai dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya dan persyaratan serta jaminan kepastian pelayanan,” katanya.

Menurut Bupati, ke depan masyarakat tidak lagi ada alasan malas untuk membayar pajak. Sebab dengan adanya Samsat Drive Thru, masyarakat sebagai wajib pajak hanya datang ke Samsat Haurgeulis dengan membawa persyaratan menuju loket yang tersedia tanpa harus turun dari kendaraan mereka.

“Di samping itu, keberadaan Samsat Drive Thru juga mampu menghilangkan tindak kecurangan, baik para calo atau lainnya. sehingga sejalan dengan Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dan Slogan Polri, yaitu Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Berkeadilan),” sebut Nina.

Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, menjelaskan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak telah dilakukan perjanjian kerja sama antara Bapenda Jawa Barat dan bupati atau wali kota dalam sinergitas pemungutan pajak kendaraan bermotor dan PBB, serta program Inovasi Samsat Drive Thru yang menjadi bagian program Kapolri.

“Kami menyambut baik dengan adanya program Samsat Drive Thru ini, kami berkomitmen untuk ada pendekatan pelayanan yang nantinya sangat terasa terhadap masyarakat sebagai wajib pajak,” ujarnya.

Hening menyebutkan, program Samsat Drive Thru memiliki konsep informasi teknologi (TI). Sehingga memberikan kemudahan dan menjadi harapan bagi masyarakat sebagai wajib pajak.

“Masyarakat wajib pajak itu ada dua kelompok, seperti kelompok wajib pajak pertama yang sudah patuh, sehingga dipastikan dengan adanya Samsat Drive Thru secara langsung akan membayar pajak kendaraan bermotor dan lainnya. Sementara kelompok wajib pajak kedua adalah yang perlu disadarkan dan didorong. Jadi perlu disosialisasikan oleh Pemkab Indramayu melalui kolaborasi antara camat dengan unsur Samsat, Kepolisian dan Jasa Raharja,” paparnya.

Sementara Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis (Samsat Haurgeulis), Deni Handoyo, berhatap, pelayanan Samsat Drive Thru bisa dekat dengan masyarakat. Ini membutuhkan peran serta kepala desa melalui BUMDes, koperasi dan Karang Taruna sesuai perjanjian kerja sama antara Bapenda Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Indramayu.

“Jadi alhamdulillah target kami sudah 15 perjanjian MOU dan 9 kecamatan di Indramayu melalui peran serta kepala desa mengajak masyarakat untuk membayar pajak dengan mudah, cepat dan aman,” sebut Deni.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nina secara simbolis menyerahkan helm gratis kepada masyarakat yang sudah membayar pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Drive Thru. Pemberian helm diikuti Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Kepala P3D Samsat Haurgeulis, Kapolres Indramayu, dan Dandim 0616 Indramayu. (Oyib/Diskominfo Indramayu)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.