Next Post
bjb digi 22

Operasi Patuh Lodaya, Satlantas Polres Kuningan Terapkan Operasi Hunting

29082019_Operasi Patuh Lodaya Kuningan

KUNINGAN –

Operasi Patuh Lodaya 2019 akan berlangsung selama 14 hari ke depan, terhitung mulai hari ini, Kamis (29/8/2019). Dalam pelaksanaan razia kali ini, Satlantas Polres Kuningan menerapkan sistem hunting atau berpindah-pindah tempat.

Razia diadakan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, sekaligus aksi curanmor. Disisi lain, operasi ini untuk memberikan edukasi agar warga meningkatkan kesadaran dalam ketertiban berlalu lintas.

“Kita akan terapkan operasi dengan sistem hunting. Jadi setiap kali operasi tidak hanya berada di satu titik saja, melainkan akan berpindah ke lokasi lain pada hari yang sama,” kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan melalui Kasat Lantas AKP Sopyan Efendi saat dimintai keterangan persnya.

Menurutnya, operasi dengan sistem hunting ini akan menentukan lokasi tertentu secara acak di semua wilayah Kabupaten Kuningan. Titik yang ditentukan dinilai sebagai lokasi yang dianggap rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

“Kami akan melakukan secara proaktif dengan sistem hunting. Pada operasi patuh ini, tindakan refresif akan dilakukan lebih banyak dengan presentasi mencapai 60 persen dan sisanya preemtif 20 persen dan preventif 20 persen,” sebutnya.

Tak hanya melibatkan kepolisian, pihaknya menggandeng sejumlah komponen seperti TNI, Sub Denpom, Dinas Perhubungan dan Satpol PP kabupaten Kuningan.

“Intinya operasi patuh ini dilakukan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Semoga para pengendara memiliki kesadaran tertib berlalu lintas, dan selalu melengkapi surat-surat kendaraan mereka saat berkendara,” tegasnya.

Dia menyebutkan, sejumlah sasaran yang ditindak tegas yakni pelanggaran kasat mata seperti tak memakai helm, tidak ada kelengkapan surat-surat kendaraan, pengemudi dibawah umur, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, hingga tidak memakai sabuk keselamatan.

“Lalu bagi pengendara yang berada dalam pengaruh alkohol akan ditindak. Termasuk penggunaan lampu strobo dan sirine menjadi target operasi kami,” tutupnya. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News