Next Post
WhatsApp Image 2021-07-28 at 07.44.02

Rokok Ilegal Beredar Luas di Pasar-pasar Tradisional di Kuningan

Petugas gabungan menemukan sejumlah rokok ilegal saat menggelar sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kuningan. (Indramayujeh/Andri)
Petugas gabungan menemukan sejumlah rokok ilegal saat menggelar sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kuningan. (Indramayujeh/Andri)

KUNINGAN – Tim Bea Cukai Cirebon menemukan banyaknya rokok ilegal atau tanpa pita cukai yang bebas diperjualbelikan di sejumlah pasar tradisional. Seperti ditemukan petugas saat menggelar sidak rokok ilegal ke sejumlah pasar di Kabupaten Kuningan, Kamis (22/7/2021).

Sidak dilakukan dengan tim gabungan dari Satpol PP Kuningan, Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kuningan dan SKPD terkait ke Pasar Ciawigebang, Pasar Cibingbin, Pasar Garawangi, Pasar Maleber, Pasar Lebakwangi, Pasar Cilimus, Pasar Pancalang, Pasar Ancaran dan Pasar Baru Kuningan.

Tim Bea Cukai Cirebon, Novembriyanto Nugroho mengingatkan, para pedagang tidak memperjualbelikan rokok ilegal. Bahkan jika ada yang menawarkan rokok ilegal, pedagang diminta segera melapor kepada pemerintah daerah atau pihak Bea Cukai.

“Bagi para pedagang, apabila ada yang menawarkan atau menjual rokok ilegal segera melaporkan kepada pemerintah daerah. Bisa juga langsung ke pihak bea dan cukai melalui telepon atau layanan WhatsApp,” ucapnya.

Dia menyebutkan, ciri-ciri rokok ilegal yakni tanpa dilekati pita cukai. Kemudian dilekati pita cukai palsu, dilekati pita cukai tapi yang bukan haknya atau salah personalisasi, dilekati pita cukai yang salah peruntukan, serta dilekati pita cukai bekas.

Sementara Wakil Bupati, Ridho Suganda menyebut, sejauh pelaksanaan sidak di lapangan tidak terdapat peredaran rokok ilegal. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor penerimaan cukai tembakau.

“Ini sebenarnya bukan menyasar pedagangnya, kita hanya mencari informasi dari peredarannya. Otomatis dari pedagang akan memberi informasi kepada kita, kita dapat menindaklanjuti,” tandasnya.(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News