Next Post
bjb digi 22

Dampak Kekeringan, Hasil Panen Padi Turun Hingga 40 Persen

20190706-Pertanian Desa Gantar Indramayu Nanang (1)

 

INDRAMAYU –

Para petani di Blok Nambo, Desa/Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu mengeluhkan hasil panen padi yang tak sesuai harapan mereka. Padahal di momen panen seperti sekarang, harusnya mereka bisa mencicipi hasilnya dengan manis.

Namun musim kemarau yang mengakibatkan minimnya pasokan air mengakibatkan hasil panen menjadi tidak optimal. Seperti yang dirasakan Salim (48), salah seorang petani di Blok Nambo.

Seperti petani lain di wilayahnya, Salim mengaku tak bisa menggarap sawahnya secara optimal karena kesulitan memperoleh air. Akibatnya tanaman padi menjadi kering dan layu.

“Ini juga disebabkan akibat faktor cuaca hujan, hampir dua bulan belum ada hujan. Kami petani hanya mengharapkan hujan, waduk Cipancuh pun saat ini mengalami kekeringan,” kata Salim, Sabtu (6/7/2019).

Salim mengeluhkan, hasil panen yang tidak sepadan dengan mahalnya biaya produksi seperti untuk membeli obat-obatan membuat pusing dengan hasil panen tanam kedua ini, biasanya dalam satu bau (bouw/bahu) atau sekitar 1 hektare bisa menghasilkan 5 ton padi.

Tapi karena kekeringan yang terjadi seperti sekarang, dari 1 bau hanya mampu menghasilkan 3 sampai 3,5 ton gabah atau turun sekitar 40% dari jumlah ideal karena bobot padi kurang maksimal.

Salim menambahkan, jika padi kekurangan air maka hasil panen padi bisa menurun 40% dari hasil musim kedua normal.

Sementara itu Camat Gantar Asep Mahmud tidak menampik situasi sulit yang dialami para petani di Blok Nambo. Sebelumnya dia cukup rutin mengingatkan para petani melalui kelompok tani agar lebih pandai berinisiatif supaya sawahnya terairi dan hasil panennya tidak turun seperti sekarang.

“Memang persawahan di sini ada yang bisa panen dan sebagian sedang proses bahkan ada juga yang gagal panen. Kitapun akan berkoordunasi dengan pemerintah Daerah agar persoalan air bagi petani mendapatkan solusi,” ujarnya. (Nanang)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News