Next Post
banner april

Kementan Tinjau Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Di Pasar Terisi

IMG-20220424-WA0062

 

INDRAMAYU

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ir. Ali Jamil bersama Direktur Pembiayaan Pertanian , Ir. Indah Megawati dan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kabupaten Indramayu terus memantau ketersediaan bahan pangan pokok di pasaran. untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pangan pokok masyarakat dalam kondisi yang aman , salah satunya dengan melakukan pemantauan terhadap situasi stabilitas pasokan dan harga pangan di pasar Terisi , Desa Karangasem Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu. Minggu (24/4/2022)

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melalui Dirjen PSP Ir. Ali Jamil mengatakan, menyediakan pangan bagi seluruh rakyat merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian yang dipikul oleh Kementerian Pertanian. Oleh karenanya, ketersediaan pasokan pangan tak boleh terganggu sama sekali, terlebih pada masa Ramadan dan jelang Idul Fitri sekarang ini.

“Ketersediaan Pangan rakyat harus stabil. Oleh karenanya saya bersama tim kementan dengan seluruh jajaran untuk memastikan hal tersebut dan melihat lebih dekat dengan turun ke lapangan,” katanya.

Kementerian Pertanian, memiliki komitmen tinggi dalam menjaga ketersediaan 12 bahan pangan pokok, khususnya menjelang Lebaran. Salah satu langkah yang diambil adalah telah dilakukan peninjauan sejumlah pasar dan memastikan ketersediaan kebutuhan mendasar masyarakat tersedia dgn harga terjangkau.”terangnya.

Hal serupa juga disampaikan Direktur Pembiayaan Pertanian, Ir. Indah Megawati, setelah melakukan peninjauan dan berdialog dengan pedagang dipasar Terisi, menerangkan bahwa ketersediaan 12 bahan pangan pokok di Pasar Tersi sangat normal jelang lebaran ini , Cuma dari harga saja ada kenaikan tapi itu pun tidak signifikan hanya kisaran Rp.1000 sampe 2000.

Memantau kebutuhan masyarakat bukan hanya tugas pusat aja. Ini harus dilakukan oleh semua elemen dan dari hasil pantauan kami, stok atau ketersediaan 12 bahan pangan pokok secara umum di Kabupaten Indramayu dalam kondisi aman, meskipun didapati harga minyak goreng yang masih fluktuatif,” paparnya.

Selanjutnya, Indah menambahkan, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan lintas sektor lingkup Pemerintah Daerah dan Provinsi serta distributor-distributor 12 bahan pangan pokok disemua wilayah dalam memperlancar supply barang di pasar hingga ke masyarakat, sehingga kebutuhan bahan pokok tidak terkendala sampai Lebaran nanti.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Kabupaten Indramayu, Plt. DR.Ahmad Sadali M.Ed menyampaikan apresiasinya kepada Tim Kementan yang telah bersama-sama melakukan peninjauan disejumlah pasar di Indramayu, sehingga bisa saling memantau dan menjaga ketersediaan bahan pokok tersebut juga sekaligus diharapkan fluktuasi harga dapat dikendalikan,” ujarnya.

Mewakili pedagang pasar Terisi, Ahmad juga mengucapkan Terima kasih kepada bapak Menteri Pertanian Prof. Syahrul Yasin Limpo atas ketersedian bahan pangan pokok dan harga yang terjangkau dibulan Ramadhan ini,“Mudah-mudahan ketersediaan bahan pangan pokok ini terus setabil sampai Hari Raya Idul Fitri.”pungkasnya.(Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News