Next Post
FA-720x90-promo-tiket-konser-westlife

Upaya Petugas Puskesmas Sindang Kurangi Resiko Penularan TB

Puskesmas Sindang 2

INDRAMAYU,

Mengurangi resiko penularan  tuberkulosis (TB)  dilingkungan masyarakat, petugas Puskesmas Sindang Kabupaten Indramayu melakukan jemput bola. Upaya jemput bola itu sejalan dengan   program pemerintah Indonesia yang mencanangkan bebas TB pada 2035.

Petugas TB dan Kusta Puskesmas Sindang, Hj. Pipit Anisah mengatakan upaya jemput bola itu dilakukan khusus kepada penderita  yang lupa  mengambil obat di Puskesmas karena dikhawatirkan putus dan menularkan ke orang lain. Pengambilan obat kata dia tidak harus oleh penderita tapi bisa diambil keluarganya.

Saat jemput bola itu selain memberikan obat pihaknya juga memberikan pencerahan dan penguatan bahwa TB bisa disembuhkan dengan catatan disiplin meminum obatnya.

“Butuh kedisiplinan berobat secara rutin selama enam bulan,” kata dia di Puskesmas setempat, Jumat (3/6/2022).

Pipit Anisah merinci, penderita TB dalam wilayah kerjanya selama satu tahun terakhir berjumlah 30 orang. Mereka kata dia dalam pengawasan dan pengobatan  pihaknya.  

Menurutnya, meski TB bisa disembuhkan namun kalau diabaikan akan sangat beresiko dan bisa menimbulkan kematian. Oleh karenanya waspadai gejala-gejala awalnya yakni batuk dan pilek.  Batuk dan pilek sambungnya, kalau lebih dari satu minggu  segera konsul dan berobat. Berobatnya bisa ke Klinik maupun Puskesmas terdekat.

“Jika sudah berobat namun masih tetap batuk, langkah selanjutnya periksa dahak dan rontgen. Jika positip baru diobati. Namun penderita batuk yang berobat sebagian besar sembuh,” kata dia.

Dijelaskan, penderita batuk yang dinyatakan positif, akan diobati dan diberi pemulihan. Kemudian untuk memastikan tidak menyebar maka keluarga penderita dan lingkungan sekitar akan diperiksa juga.

Hal itu tambah Anisah, sebagai bentuk penanganan dan penanggulangan TB sejak dini.  (safaro)

 

 

 

 

 

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *